10 November 2011

MENIRAN OBAT KOLIK DAN BATUK REJAN

meniran
Daun tanaman liar ini mirip daun asam. Bentuk daunnya lonjong dan majemuk. Di ketiak daun menghadap ke bawah terdapat bulatan kecil berwarna putih. Persis sebutir pecahan beras yang ditumbuk (pecahan beras kecil di Jawa disebut sebagai beras menir). Itulah sebabnya tumbuhan liar yang sering tumbuh di got, pinggiran jalan, pekarangan, dan kebun hingga ketinggian 1500 meter dpl (di atas permukaan air laut) disebut dengan tanaman meniran

Meniran ada 2 macam, Phyllanthus niruri mempunyai kepala sari yang bila matang akan pecah secara membujur. Yang berbatang merah Phyllanthus urinaria kepala sarinya akan pecah secara melintang ketika matang. Kedua anggota famili Euphorbiaceae atau jarak-jarakan itu bermanfaat sebagai obat, termasuk untuk mengatasi gangguan lever. 

Multifungsi

Tanaman setinggi antara 10-20 cm ini ternyata mempunyai banyak khasiat. Seluruh bagian tumbuhan ini bisa dimanfaat untuk obat tradisional. Mulai dari akar, batang, dan daunnya. Manfaat gosau ma dungi - sebutan meniran oleh orang Ternate - paling populer adalah untuk peluruh urine atau bersifat diuretik ( diuretic ). Itu karena kalium karbonat dan filantin banyak dikandung oleh tanaman meniran ini. Kandungan lainnya berupa hipofilantin, kalium, flavonoid, polifenol, dan saponin.

Bila Anda merasa demam tidak ada salahnya jika mencobanya. 7 batang meniran berupa akar, batang, dan daun dicuci bersih lalu diseduh dengan segelas air panas. Setelah dingin dan disaring, minumlah sekaligus. Minum secara rutin hingga demam menghilang. Meniran dipadukan dengan pegagan Centella asiatica, ampuh mengatasi kolik atau sakit perut dan kencing batu. Orang Eropa memanfaatkan meniran sebagai obat kencing nanah atau gonorhoe.

Rebusan akar meniran, rimpang jahe, dan gula batu bermanfaat mengatasi batuk rejan yang sering dialami anak-anak. Selain itu dukung-dukung anak - orang Malaysia menyebut tanaman meniran - juga lazim digunakan untuk mengobati ayan, malaria, disentri, luka bakar, haid berlebihan, dan jerawat.

Menurut Sri Haryanto S Nugroho, meniran memang sering digunakan untuk mengobati sirosis. "Meniran mampu menahan O2 dalam darah sehingga tidak cepat menjadi CO2. Dengan demikian antibodi juga berkembang," ujar pengobat herbal ( herbalis ) dari Bantul, Jogjakarta ini (Trubus).

Anda butuh kapsul herbal meniran? Klik di sini.

Catatan tentang khasiat meniran:

- Meniran obat sakit lever
- Meniran obat kencing nanah atau gonorhoe.
- Meniran obat perut mulas atau kolik.
- Meniran obat batuk rejan.
- Meniran obat kencing batu.
- Meniran obat sirosis.
- Meniran obat demam.
- Meniran obat ayan.
- Meniran obat malaria.
- Meniran obat disentri.
- Meniran obat haid / menstruasi terlalu banyak.
- Meniran obat luka bakar.
- Meniran obat jerawat 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...