11 November 2011

MENGKUDU OBAT HIPERTENSI DAN KENCING MANIS

Buah yang satu ini sudah tak perlu lagi diragukan keampuhannya. Meskipun pamornya mulai redup karena hadirnya para pendatang baru, seperti mahkota dewa, buah melodi, buah naga, dan lain sebagainya. Mengkudu tetap saja masih dicari sebagai obat herbal alternatif.

Orang Jawa menyebut mengkudu sebagai buah pace, dan orang Madura menyebutnya kodhuk. Yang jelas apapun namanya, kita tak perlu pusing memikirkannya. Banyak khasiatnya yang harus kita ketahui. 

Mengkudu termasuk jenis kopi-kopian, tumbuhan yang hidup di dataran rendah hingga ketinggian 1500 meter dpl (di atas permukaan air laut) ini merupakan tumbuhan asli Indonesia. Dengan bunga yang berbentuk bongkol kecil-kecil berwarna putih, serta memiliki buah yang cenderung lonjong, dengan warna hijau yang mengkilat, bervariasi totol-totol, membuat buah yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini memliki kekhasan tersendiri.

Bau yang menyengat menjadi salah satu ciri khasnya. Bila kita mebelah buahnya, akan kita dapati biji yang jumlahnya banyak dalam dagingnya. Lokasi untuk tumbuhnya tidak memerlukan syarat lingkungan khusus. Pertumbuhan tanaman mengkudu akan optimal pada tanah liat dan berpasir. 

Tanaman mengkudu tidak cocok ditanam pada daerah yang memiliki polusi yang tinggi, karena buahnya dapat menyerap polutan dengan kuat. Hal ini akan berpengaruh pada khasiat mengkudu itu sendiri. Tanaman ini juga tidak dapat terhindar dari hama tanaman misalnya ulat daun dan kutu putih.

Khasiat dari akar hingga buah

Tanaman yang satu ini sangat potensial karena hampir semua bagian dapat digunakan sebagai obat. Paling umum ditemui adalah pemanfaatan buahnya sebagai obat. Buah mengkudu berkhasiat sebagai obat tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes mellitus), rematik, peluruh air seni, dan banyak lagi manfaat lainnya.

Daunnya berfungsi sebagai obat penyakit perut seperti kolik, mulas, dan umumnya digunakan sebagai obat pencahar. Belum banyak yang tahu, ternyata daun mengkudu sangat nikmat bila disajikan dalam bentuk lalapan atau sayur dengan rasanya yang khas, yaitu sedikit pahit. 

Akarnya juga berkhasiat sebagai obat pencahar dan peluruh air seni. Secara umum khasiat lain dari tanaman mengkudu yang sudah diketahui adalah sebagai obat pembersih darah, memperlancar sirkulasi darah, memperlancar haid atau sebagai pelancar menstruasi, anti septik, anti radang, liver, limpa, radang usus, infeksi saluran kencing, disentri, amandel, sariawan, flu, dan sembelit.

Untuk mengobati rematik contohnya, resepnya sangat mudah. Cukup ambil 2 buah mengkudu yang sudah matang dan agak lembek. Buah yang akan diolah dicuci bersih lebih dulu. Kemudian diperas dan disaring dengan kain untuk mendapatkan airnya. Airnya diminum sehari sekali sebanyak 1/3 gelas sebelum tidur.

Hipertensi

Untuk penyakit darah tinggi atau hipertensi, gunakan bahan-bahan yang sudah dikeringkan:

- Mengkudu 10 gram
- Sambiloto 10 gram
- Daun dewa 10 gram
- Tempuyung 7 gram
- Pulai 7 gram 
- Pegagan 15 gram

Semua bahan direbus menjadi satu dalam air sebanyak 9 gelas, setelah mendidih dan tersisa 5 gelas, matikan pemanas. Dinginkan dan saring, aturan minum sebanyak 3 kali sehari, satu jam sebelum makan.

Kencing manis

Untuk penyakit kencing manis atau diabetes mellitus, bahan-bahan keringnya :

- Mengkudu 10 gram
- Kumis kucing 10 gram
- Sambiloto 10 gram
- Brotowali 10 gram
- Ciplukan 10 gram
- Pulai 7 gram

Cara membuatnya sama seperti pada resep untuk hipertensi atau penyakit darah tinggi (Sumber : Flora).

Anda butuh kapsul mengkudu ? Klik di sini.  

Catatan : 

- Pace atau mengkudu obat penyakit darah tinggi atau hipertensi.
- Pace atau mengkudu obat penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.
- Pace atau mengkudu obat rematik.
- Pace atau mengkudu sebagai peluruh air seni.
- Pace atau mengkudu obat pembersih darah.
- Pace atau mengkudu obat memperlancar menstruasi.
- Pace atau mengkudu obat memperlancar sirkulasi darah.
- Pace atau mengkudu obat anti septik.
- Pace atau mengkudu obat anti radang.
- Pace atau mengkudu obat liver.
- Pace atau mengkudu obat limpa.
- Pace atau mengkudu obat radang usus.
- Pace atau mengkudu obat infeksi saluran kencing.
- Pace atau mengkudu obat disentri.
- Pace atau mengkudu obat amandel.
- Pace atau mengkudu obat sariawan.
- Pace atau mengkudu obat influensa.
- Pace atau mengkudu obat sembelit.
- Pace atau mengkudu obat kolik.
- Pace atau mengkudu obat perut mulas.
- Pace atau mengkudu obat pencahar.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...