28 Desember 2011

MANFAAT BENALU

Benalu paling banyak dimanfaatkan untuk mengobati kanker. Tumbuhan epifit ini terbukti ampuh menghambat penyebaran kanker. Rebusan daunnya sering digunakan sebagai obat penunjang selama kemoterapi (terapi dengan mengkonsumsi obat antikanker).

Hasil penelitian menunjukkan, benalu teh mengandung senyawa yang bisa mematikan sebagian sel kanker ganas fibro sarkoma. Bahkan jenis Dendrophtoe petandra merupakan penghambat enzim isomerase yang dihasilkan sel kanker. Ia juga menghambat perbanyakan dan penyebaran kanker.

Menurut dr. Paulus, meski sama-sama benalu tapi perbedaan inang bisa menghasilkan kandungan senyawa berbeda. Senyawa dalam benalu teh, benalu mangga, benalu jambu berbeda karena zat yang diserap dari tanaman inang berbeda.

Karena yakin kandungan senyawa yang berbeda dari masing-masing benalu, sehingga ia membuat obat campuran. Campuran dibuat untuk memaksimalkan kerja satu tanaman atau untuk mengurangi efek samping setelah dikonsumsi. Misal sambiloto meskipun sangat paten untuk mengatasi diabetes, asam urat, dan tekanan darah tinggi, tapi tetap bisa menimbulkan efek samping bagi ginjal sehingga perlu tanaman pelunak.

Selama pengobatan kanker sebaiknya menghindari makanan dari mahluk bernyawa seperti daging, ayam, ikan, dan susu. Makanan yang dianjurkan nasi putih tempe, tahu rebus, sayur bening, dan buah-buahan. Dokter lulusan Universitas Degi Studi Padova ini juga mensyaratkan pantang memakai pakaian berwarna cerah seperti kuning, merah, coklat, dan jingga karena merangsang sel kanker lebih aktif. Sumber : Trubus.



Anda butuh kapsul benalu teh ? Klik di sini.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...