08 November 2011

GETAH ADENIUM OBAT PENYAKIT DAN LUKA SAYAT

Kebanyakan orang mengetahui bahwa adenium adalah tanaman hias yang memiliki eksotika yang terdapat pada bonggol yang gagah perkasa dan bunga yang anggun menawan. Tapi siapa mengira kalau tanaman hias tersebut juga bisa dijadikan sebagai tanaman obat ? Percaya atau tidak ?

Para pencinta tanaman hias mungkin tak menyangka ada sisi lain dari tanaman hias mereka yang memiliki manfaat nyata. Salah satunya adalah adenium atau bisa juga dengan menggunakan tanaman kamboja. Pencinta, penikmat, para hobiis, ataupun pedagang sekalipun mungkin tak terbersit dalam benak mereka bahwa tanaman adenium memiliki nilai lebih yaitu sebagai tanaman obat.

Berbicara tanaman obat atau lebih terkenal dengan toga (tanaman obat keluarga), membuat orang akan berpikir tentang tumbuhan-tumbuhan kunyit, jahe, temulawak, sirih, dan lain-lain. Tak terpikir sedikit pun untuk menjadikan tanaman hias kesayangan mereka dijadikan sebagai tanaman obat. Jangan salah persepsi dulu, bukan berarti bila kita menginginkan adenium menjadi tanaman obat, harus mengorbankannya sebagai bahan obat yang akhirnya akan menyebabkan kematian adenium atau kamboja jepang tersebut. 

Adenium berfungsi sebagai tanaman obat karena mengandung zat fuvoplumerin yang berkhasiat mencegah pertumbuhan bakteri. Kandungan minyak penguap yang dimiliki adenium seperti fenitilalkohol, sitronellol, linallol, geraniol, dan farnesol. Serta adanya saponin, zat pahit, dan damar. Zat-zat tersebut yang dapat mengobati penyakit patek atau frambusia, pecah-pecah pada telapak kaki, dan kaki bengkak. Juga berdasar penemuan terbaru adenium dapat digunakan sebagai obat luka sayat baru.

Elizer Mahendra adalah seorang yang telah membuktikan khasiat adenium. Pencinta dan pebisnis adenium ini memiliki hobi grafting adenium. Suatu saat pisau yang ia gunakan untuk berkreasi dengan adenium, melukai jari tangannya, padahal ia memiliki penyakit diabetes mellitus yang mengharuskannya untuk lebih berhati-hati dengan keselamatan organ tubuhnya.

"Pisau tersebut terdapat getah adenium hasil dari graftingan saya," tuturnya berkisah. Setelah berjalan 3 hari, luka sayat yang terdapat pada jari tangannya telah mengering. Tak hanya sampai di situ saja, ia masih penasaran dengan apa yang dialaminya. Suatu saat, giliran kakinya yang terluka, dengan segera ia memotong batang adenium untuk diambil getahnya.Setelah beberapa hari, ternyata luka tersebut juga sembuh dan terbukti bahwa adenium dapat mengobati luka sayatan baru.

Obat luka sayatan baru

Ketika bagian tubuh Anda terluka karena sayatan benda tajam, segera cuci dengan air hingga bersih. Kemudian teteskan getah adenium pada luka sayat, kemudian tutup dengan kain perban. Usahakan agar jangan terkena air dulu, untuk mempercepat keringnya luka sayat.

Obat frambusia dan kaki pecah-pecah

Ambil kulit batang adenium secukupnya, kemudian ditumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya. Lalu gunakan air perasan ini untuk menggosok bagian yang sakit 3 kali sehari sampai penyakitnya sembuh. Cara lain, ambil 3 potong kulit adenium selebar 3 cm, kemudian campurkan dengan 10 liter air dan direbus hingga mendidih. Lalu dinginkan, gunakan untuk mandi atau berendam. 

Kaki bengkak

Ambil kulit batang adenium secukupnya dan air sebanyak 3 liter. Rebus hingga mendidih. Setelah dingin gunakan untuk merendam bagian kaki yang bengkak, niscaya akan kembali sehat seperti semula. Selamat mencoba (Sumber : Flora).

 Anda butuh kapsul obat herbal ? Klik di sini.  

3 komentar:

obat jerawat herbal mengatakan...

thanks smg sukses gan..

obat ace maxs mengatakan...

terimakasih tipsnya sangat membantu

Indo Telematika Education mengatakan...

blogwalking, nice blog, info sangat membantu dan menambah khasanah/ referensi selain obat, thanks

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...