20 November 2011

OBAT HERBAL ASAM URAT

Tiga tahun yang lalu, derita kaku, linu dan nyeri di persendian sering hinggap pada tubuh Lia. Ketika sakit itu sedang kambuh, tak jarang ia terseok-seok hanya sekedar berjalan menghampiri buah hatinya. Ibu empat anak ini kemudian menemukan resep ramuan tradisional yang didapat dari temannya, yang sudah merasakan khasiat paduan empat obat herbal asam urat untuk menyembuhkan penyakit nyeri sendi tersebut.
Derita berkepanjangan dirasakan oleh Lia ketika penyakit asam urat menyerangnya. Rasa sakit, nyeri, ngilu di seluruh persendian tulang seakan tak mengijinkan untuk beraktifitas seperti orang normal pada umumnya. Hanya tergolek di ranjang atau terseok ketika berjalan.
Kadar asam urat dalam darahnya menunjukkan 7,4 mg %. Padahal pada orang normal, asam dalam darah berada pada kisaran 2 - 5 mg %.
Namun akhirnya Lia menemukan obat herbal, yaitu perpaduan empat toga (tanaman obat keluarga) dan telah membuktikan keampuhannya. "Secara klinis memang ramuan ini belum teruji. Namun berdasar pengalaman, resep ini lebih ampuh," ujar Lia yang telah terbebas dari asam urat yang dideritanya.
Kenapa seseorang dapat menderita asam urat? Penyakit asam urat terjadi karena gangguan metabolisme purin dalam darah, hingga kadar asam urat dalam darah meningkat melewati batas normal. Banyak penyebab yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit ini. Diantaranya peredaran darah yang tidak lancar atau terganggunya sistem pencernaan. Selain itu penyebab meningkatnya kadar asam urat dalam darah diakibatkan gangguan fungsi ginjal dan kandung kemih. 
Gangguan fungsi ginjal dan kandung kemih inilah yang menyebabkan ekskresi asam urat melalui urine tidak lancar, sehingga garam urat menumpuk pada persendian. Terutama persendian tangan dan kaki. Hal inilah yang menyebabkan penyakit nyeri sendi, kaku, dan linu pada setiap persendian. Paduan dari empat tanaman obat tradisional ini akan menjawab satu-persatu persoalan mengenai asam urat serta dapat memberikan solusi yang tepat untuk permasalahan penyakit nyeri sendi tersebut.
Upaya pengobatan perlu dilakukan agar penyakit asam urat tidak selamanya mengganggu kehidupan sehari-hari kita. Menggunakan obat modern memang banyak disarankan pihak medis, tapi tidak ada salahnya kita juga mencoba ramuan tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai upaya alternatif, bila medis belum juga dapat memberikan solusi dari permasalahan kita. Apa saja empat obat herbal mujarab itu?

Sambiloto (Andrographis paniculata)
Sambiloto tak diragukan lagi khasiatnya sebagai tanaman obat keluarga yang populer di Indonesia. Berbagai macam penyakit dapat disembuhkan batang dan daun sambiloto ini. Termasuk asam urat yang sudah banyak menjangkiti berbagai tingkat usia, baik yang muda ataupun golongan usia lanjut.
Daun sambiloto mengandung zat-zat yang dapat memberikan efek depresan pada sistem syaraf pusat. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa sakit pada persendian. Sambiloto mempunyai efek anestesi dan analgesik.
Daun dan batang sambiloto juga banyak mengandung lakton dan kolmegin, senyawa yang diduga dapat  membersihkan darah serta memperlancar peredaran darah, hingga dapat membantu metabolisme hormonal dalam tubuh.

Kompri (Symphytum officinale)
Daun hijau memanjang yang tumbuh bergerombol dan rumpun, siapa sangka tanaman ini dapat membantu mengatasi asam urat? Pada daun kompri banyak terdapat senyawa kimia dan zat getah, secara umum zat getah tersebut berfungsi sebagai antirematik, antiinflamasi, penyembuh luka serta demulsen (pelunak) yang membantu melindungi dinding saluran pencernaan dari iritasi pada sistem pencernaan. Membantu mengurangi kejang akibat radang adalah khasiat kompri lainnya.

Lada (Piper nigrum)
Lada lebih dikenal orang sebagai bumbu dapur yang memiliki rasa pedas dan membuat masakan menjadi terasa lebih mengundang selera. Lada mengandung minyak asiri  atsiri yang  dapat menjaga kehangatan tubuh, sehingga memperlancar peredaran darah. Senyawa yang dikandungnya merupakan stimulan dari aktifitas kelenjar pencernaan. Percepatan pencernaan lemak akan membantu kelancaran ekskresi asam urat, sedang pada ginjal; senyawa yang dikandung lada akan berguna untuk kelancaran keluarnya urine (air kencing).

Temulawak (Curcuma Xanthorhiza Roxb
Hampir semua herbalis dan orang umum mengenal khasiat temulawak. Pada anak-anak, temulawak sering dijadikan cekokan untuk membantu merangsang nafsu makan si kecil. Ternyata, jika temulawak dipadukan dengan 3 tanaman obat yang telah disebut di atas. Akan sangat bermanfaat untuk penyembuhan asam urat. Khasiat temulawak dapat meningkatkan kinerja ginjal untuk memperlancar pengeluaran asam urat dalam tubuh melalui urine. Gizi yang dikandungnya dapat membantu proses metabolisme guna memulihkan kondisi tubuh yang menurun akibat sakit sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.
Temulawak juga berkhasiat mengurangi rasa nyeri pada persendian tulang pada penderita penyakit asam urat. 

Resep
Untuk memudahkan mengkonsumsi keempat jenis tanaman obat tersebut, bisa disajikan dengan direbus (jamu godok) atau dijadikan serbuk ekstrak. Untuk jamu godok, jangan kaget karena rasanya yang pahit sehingga konsumsinya bisa dengan menambahkan madu.
Dosis yang dipakai selama ini adalah 2 : 1/2 : 2 : 1/2 masing-masing untuk sambiloto : daun kompri : temulawak : lada. Campur rata semua serbuk di atas kemudian masukkan ke dalam  kapsul dengan dosis 300 mg, diminum 3X2 kapsul setelah makan (pagi, siang, dan malam). Sumber : Flora.

Anda mau beli obat herbal asam urat ? Klik di sini. 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...