23 Oktober 2011

TERIPANG OBAT MENGERINGKAN LUKA OPERASI CAESAR

Perasaan berseberangan itu hinggap di benak Nurhayati. Ia bahagia saat dokter menyatakan dirinya hamil anak ketiga, namun ia juga waswas jika harus melahirkan bayinya lewat operasi caesar. Seperti kelahiran sebelumnya.

Ia ingat persis ketika melahirkan anak keduanya, kepala sang bayi terlilit tali pusar sehingga berakibat nyaris mati lemas. Pasca operasi ia berharap bisa menjalani hari-hari seperti biasa sebagai karyawati sebuah perusahaan otomotif asal Jerman. Namun bekas luka operasi caesar yang membelah perutnya menyisakan nyeri berkepanjangan akibat bengkak dan lama mengering.

Perubahan itu diikuti siklus menstruasi yang tidak teratur. Berjalan di pusat perbelanjaan untuk membeli kebutuhan sehari-hari akan dirasakan sebagai sebuah siksaan. Sebab sering kali ia merasa lemas dan kakinya bengkak. Selain itu daya tahan tubuhnya lemah. Ia kerap mengalami flu, demam, dan mudah lelah. Ketika gangguan kesehatan itu dapat diatasi, ia dinyatakan hamil oleh dokter yang memeriksanya.     

Dua operasi

Kecemasannya terbukti. Dokter menyarankan agar ia menjalani operasi caesar untuk melahirkan anak ketiganya. Alasan dokter karena usianya cukup rawan untuk melahirkan secara normal. Perempuan kelahiran Kuningan, Jawa Barat, menuruti saran dokter. Saat pemeriksaan itu dokter menyatakan cara "menutup" bekas potongan kulit perut pada operasi caesar sebelumnya tidak rapi.

Dampaknya luka lama mengering dan bengkak. Selain itu lemak dan varises menutupi rahim sehingga siklus haid terganggu. Oleh karena itu dokter yang membantu persalinan menawarkan  2 operasi sekaligus: operasi caesar yang ke-2 dan operasi membersihkan bekas luka sebelumnya. Ia mengkombinasikan obat asal Tiongkok untuk mempercepat kesembuhan sekaligus obat yang diresepkan dokter. 

Namun hingga 7 bulan luka bekas operasi caesar itu tak kunjung sembuh. Ia kerap merasa nyeri. Daya tahan tubuh juga sering anjlok, terbukti dengan tingginya frekuensi Nurhayati menderita demam, flu, dan gampang lelah. Dalam kondisi luka belum kering, ia mengandung anak yang ke-4. Pada kehamilan ini ia rutin mengonsumsi ekstrak teripang sebanyak 2 sendok makan setiap hari. 

Usianya sudah 39 ketika ia menjalani operasi caesar pada kelahiran anaknya yang ke-3. Ia menjalaninya dengan percaya diri. Konsumsi ekstrak teripang terus dilakukannya pasca operasi. Hasilnya sungguh mengagumkan. Hanya sepekan setelah operasi, bekas sayatan pisau bedah itu sudah mengering dan hampir tidak berbekas. Ia juga merasa lebih fit dan daya tahan tubuhnya meningkat. Ia tetap bugar meski pekerjaan menumpuk dan harus mengurus keempat anaknya yang membutuhkan tenaga ekstra.

Senyawa lengkap

Obat mengeringkan luka. Ekstrak teripang membantu menyembuhkan luka operasi ? Menurut dr. Zen Djaja MD, dokter di Malang, Jawa Timur, ekstrak namako - nama teripang di Jepang - sangat baik diberikan pada perempuan hamil. Itu lantaran senyawa aktif dan kandungan gizi teripang sangat lengkap. Prof Zaiton Hassan, peneliti di Departemen Ilmu Pangan Universitas Putra Malaysia mengatakan teripang mengandung asam miristat, palmitat, almitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat, eicosapentaenat, behenat, erusat, dan docosahexaenat.

Asam lemak inilah yang berperan terhadap pemulihan luka pasca operasi. Kandungan asam eicosapentaenat (EPA) dan asam docosahexaenat (DHA) relatif tinggi, masing-masing 25,69% dan 3,69%. Tingginya kadar EPA menandakan kecepatan teripang memperbaiki jaringan yang rusak. Kandungan kolagen dalam ekstrak teripang mempercepat penyembuhan luka dalam dan luka luar setelah pembedahan, seperti operasi caesar yang dijalani oleh Nurhayati. 

Karena teripang cepat memulihkan daya tahan tubuh, sering nelayan di negeri jiran mengonsumsinya sebelum pergi melaut. Di lautan yang berombak ganas, daya tahan tubuh mereka tetap terjaga. Kondisi serupa dialami oleh Nurhayati, luka pasca operasi caesar ke-3 sembuh dan kering hanya dalam waktu sepekan. Padahal, 2 luka operasi caesar sebelumnya baru sembuh setelah 7 bulan. Teripang atau gamat terbukti secara empiris sebagai obat untuk mengeringkan luka (Trubus).

Anda butuh kapsul ekstrak teripang atau gamat ?  Klik di sini.       

2 komentar:

dina mengatakan...

Mksih infonya sangat bermanfaat..

Cream Pemutih dan Penghilang Bekas Luka Herbal mengatakan...

trims infonya ya. sangat bermanfaat dan inspiratif banget

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...